Pages

Kamis, 20 Februari 2014

Suporter Terkreatif di Indonesia

1. BCS ( Brigata Curva Sud ) Suporter PSS Sleman

Di Peringkat Pertama Ada Brigata Curva Sud atau yang lebih dikenal sebagai BCS adalah pendukung / suporter sepakbola yang berasal dari klub sleman yaitu PSS Sleman. Brigata Curva Sud bermarkas di tribun selatan Stadion Maguwoharjo yang juga dipakai sebagai nama komunitas tersebut "Curva Sud". Brigata Curva Sud berbeda dengan suporter sepakbola Indonesia pada umumnya, mereka memiliki cara unik tersendiri untuk mendukung tim kesayangannya PSS Sleman. Salah satunya, melakukan koreografi disaat pertandingan berlangsung seperti ultras- ultras di Italia pada umumnya. Brigata Curva Sud mewajibkan anggotanya untuk memakai sepatu dan berpakaian rapi disaat mendukung tim kebanggaan mereka PSS Sleman. Yang membuat nama BCS lebih istimewa di bandingkan suporter lainnya di indonesia adalah BCS pernah menjadi suporter terbaik nomor 4 di dunia versi ULTRASWORLD. Saat PSS Sleman bermain suporter ini tak pernah berhenti bernyanyi selama 45x2 pertandingan. Loyalitas ini ditunjukan pada saat PSS main stadion selalu dipenuhi oleh para suporter. Dan BCS juga mempunyai slogan " No Ticket, No Game ".
2. Aremania (Arema Malang)

Aremania adalah sebutan untuk komunitas pendukung (suporter) klub sepak bola Arema Malang.
Aremania termasuk suporter paling loyal di Indonesia. Di setiap pertandingan, entah di Malang maupun di luar kota Malang, Aremania selalu mendukung tim kesayangannya. Mereka tidak pernah peduli timnya menang atau kalah, yang penting mereka mendukung tim kesayangan mereka dengan cara yang sportif, atraktif dan simpatik. Penghargaan yang pernah diraih oleh Aremania antara lain adalah The Best Suporter pada Ligina VI tahun 2000 Oleh Ketum Agum Gumelar. dan The Best Suporter pada Copa Indonesia II tahun 2006.

3. Viking (Persib Bandung)


Viking Persib Club atau dikenal dengan Viking adalah kelompok pendukung kesebelasan sepakbola Indonesia, Persib Bandung yang berdiri 17 Juli 1993. Di hampir setiap pertandingan kandang maupun tandang viking selalu hadir untuk memberikan dukungannya. Viking termasuk suporter indonesia dengan jumlah anggota yang cukup banyak

4. Bonek (Persebaya)

Bondho Nekat atau biasa di singkat Bonek adalah kelompok pendukung atau suporter dari kesebelasan Persebaya Surabaya. Istilah bonek pertama kali dimunculkan oleh Harian Pagi Jawa Pos tahun 1989 untuk menggambarkan fenomena suporter Persebaya yang berbondong-bondong ke Jakarta dalam jumlah besar. Secara tradisional, Bonek adalah suporter pertama di Indonesia yang mentradisikan away supporters (pendukung sepakbola yang mengiringi tim pujannya bertandang ke kota lain) seperti di Eropa. Dalam perkembangannya, ternyata away supporters juga diiringi aksi perkelahian dengan suporter tim lawan. Tidak ada yang tahu asal-usul, Bonek menjadi radikal dan anarkis. Jika mengacu tahun 1988, saat 25 ribu Bonek berangkat dari Surabaya ke Jakarta untuk menonton final Persebaya - Persija, tidak ada kerusuhan apapun.


5. Pusamania Suporter Persisam Samarinda

Pusamania - CangkallaxPusamania, adalah sekelompok suporter yang berasal dari pulau Kalimantan atau tepatnya di kota samarinda kelompok suporter ini adalah pendukung dari Persisam Samarinda, Kelompok suporter ini juga terbilang suporter paling fanatik karena di setiap pertandingan Persisam Pusamania selalu hadir, dan bernyanyi nyanyi didalam stadion selama 45 x 2 menit berlangsung, suporter ini juga sering membuat koreografi pada saat pertandingan berlangsung. Pusamania juga mempunyai slogan " Indonesia Satu "


6. Pasoepati Suporter Persis Solo

Pasoepati - CangkallaxKelompok Suporter ini berasal dari Solo, Suporter yang terlahir pada tahun 2000-an ini memiliki kelompok suporter yang cukup banyak. Suporter yang tak pernah henti mendukung tim kesayangannya ini mampu membuktikan bahwa mereka suporter paling fanatik Pasoepati Juga Mempunyai Slogan " No Anarki, No Rasis "



7. The Jak Mania Suporter Persija Jakarta

The Jak Mania - Cangkallax
The Jak Mania Kelompok Suporter Dari Jakarta, Kelompok suporter ini memang terbilang memiliki fanatisme berlebihan sehingga sering kali membuat onar / tawuran antar kelompok Thejak satu sama lain, namun di sisi itu juga The jak memiliki suporter yang tak pernah berhenti mendukung team kesayangannya. Slogan dari The Jak Mania adalah " Se-Indonesia The Jakmania "

8. L.A Mania (Persela Lamongan)




Persela pastinya sangat bangga mempunyai suporter yang fanatik seperti L.A Mania. Ya, L.A Mania merupakan sebutan bagi Suporter Persela Lamongan. Mereka sangat mencintai timnya, mereka harus rela berbondong-bondong untuk menonton timnya yang akan bertanding. 
 9. The Macz Man (PSM Makasar)




Sebagai klub tertua di Indonesia, wajar saja PSM Makasar mempunyai suporter yang fanatik. The Macz Man adalah suporter terbesar yang dimiliki klub PSM Makasar. Loyalitas terhadap timnya sangat besar, mereka selalu memberikan dukungan yang terbaik untuk timnya. Dantidak pernah lupa  bernyanyi untuk tim kesayangannya.


9. Panser Biru (PSIS Semarang)


Panser biru adalah suporter bagi klub PSIS Semarang. Suporter ini juga sangat mencintai Klubnya, walaupun pernah terpuruk tapi mereka tetap setia mendukung tim kebanggaannya hingga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar